Pembelajaran Terpadu Model nested
BENDA DAN SIFATNYA
Pembelajaran Terpadu
MODEL NESTED
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Diajukan Untuk Memenuhi
Salah Satu Tugas Mata Kuliah
Pembelajaran IPA di SD
Anisa Agustina (1003669)
Kelas 2.A / Semester IV
PROGRAM
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
KAMPUS
CIBIRU
UNIVERSITAS
PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2012
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Pembelajaran
Terpadu : Model Nested
Tema : Benda Disekitar Kita
Kelas /
semester :
III / I
Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit
I.
Diagram Pembelajaran Terpadu Model Nested
Keterangan:
1.
Tema :
Benda di Sekitar kita
2.
Organization skill :
membuat peta konsep tentang benda dan sifat-sifatnya
3.
Social
skill : mendengarkan, menyimak.
4.
Thinking
skill : mengklisifikasikan,
membandingkan, menyimpulkan.
II.
Standar
Kompetensi
3. Memahami sifat-sifat benda dan kegunaanya
dalam kehidupan sehari-hari
III.
Kompetensi
Dasar
3.1
Mengindentifikasi sifat-sifat benda
berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas.
IV.
Indikator
·
Mengidentifikasi
sifat benda padat, cair, dan gas.
·
Mengklasifikasikan
benda-benda yang telah dikenalnya sebagai benda padat, cair, dan gas
·
Membandingkan sifat benda padat, cair, dan
gas.
V.
Tujuan
Pembelajaran
·
Melalui
pengamatan, siswa dapat menyebutkan sifat benda padat
·
Melalui
pengamatan, siswa dapat menyebutkan sifat benda cair
·
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan sifat benda gas
·
Melalui
pengamatan, siswa dapat mengklasifikasikan benda yang telah dikenalnya sebagai
benda padat, cair, dan gas.
VI.
Materi Ajar
Benda dan Sifatnya
1. Benda padat
2. Benda cair
3. Benda gas
1. Benda padat
2. Benda cair
3. Benda gas
VII.
Metode, Pendekatan,
Model Pembelajaran
a. Metode :
Demonstrasi, tanya jawab, penugasan, ceramah.
b. Pendekatan
:
Tematik
c. Model pembelajaran :
Nested
VIII.
Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan awal ( +15menit)
1.
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
2.
Guru
mengecek kehadiran siswa dan mengkondisikan siswa
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
4.
Guru
mengadakan apersepsi dengan menyanyikan lagu ‘’balonku”
Kegiatan inti ( +45menit)
1.
Guru
memperlihatkan sebuah gambar “anak yang sedang berada di dapur”, salah satu
siswa menceritakan isi gambar
dan siswa lain menyimaknya (sosial skill = mendengarkan, menyimak)
2.
Guru
dan siswa mengadakan tanya jawab mengenai isi gambar
3.
Guru
membagi siswa menjadi
beberapa kelompok
4.
Guru membagikan LKS dan media berupa benda padat dan cair
5.
Siswa
bersama
kelompoknya
mengklasifikasikan benda yang ada kedalam kelompok benda padat dan benda cair
(thinking skill : mengklaifikadikan)
6.
Siswa
bersama
kelompoknya melakukan
percobaan memasukan alat tulis secara bergantian (pensil, buku, penggaris) ke
dalam gelas, piring, dan toples. Kemudian mengamati apa yang terjadi.
7.
Siswa
melakukan percobaan memasukan (air,minyak) kedalam toples, gelas, dan piring
secara bergantian, kemudian mengamati apa yang terjadi.
8.
Siswa menjawab pertanyaan dalam
LKS mengenai sifat
penggaris yang tidak berubah bentuk saat dimasukan kedalam gelas, sementara air
berubah bentuk saat dimasukan kedalam gelas (thinking skill : membandingkan)
9.
Siswa menjawab soal dalam LKS yang berkenaan dengan sifat
benda gas
10.
Siswa
mempresentasikan tentang sifat benda berdasarkan percobaan tadi
(thinking Skill: menyimpulkan)
11.
Guru
memberikan tugas untuk membuat “Peta konsep benda dan sifatnya” (organization
skill: membuat peta konsep)
12.
Salah seorang siswa diberi kesempatan untuk
mempresentasikan peta konsepnya, siswa lain menyimak dan menanggapi (social
skill: menyimak)
13.
Guru
memberikan penguatan kepada siswa yang berani ke depan
Kegiatan
akhir ( +10menit)
1.
Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan kegiatan pembelajaran
2.
Guru
mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah
4.
Guru
menutup pembelajaran
IX.
Sumber dan Media
Sumber:
-
KTSP
2006 mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas 3 SD
- Sularmi, 2008. Sains Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI kelas III. Jakarta: Pusat
Perbukuan Departeman Pendidikan Nasional.
Media :
-
Benda
padat (penggaris, buku, pensil)
-
Benda
cair (air, minyak)
-
Piring
-
Gelas
-
Toples
- Gambar
X.
Evaluasi
Prosedur : tes proses dan tes akhir
Jenis tes : tes proses dan hasil
Bentuk tes : Essay
Alat tes : Butir-butir soal
Prosedur : tes proses dan tes akhir
Jenis tes : tes proses dan hasil
Bentuk tes : Essay
Alat tes : Butir-butir soal
Butir-butir Soal
Jawablah pertanyaan
dibawah ini!
1. Sebutkan 5 contoh benda padat yang kamu ketahui!
2. Sebutkan 3 sifat benda gas!
3. Sebutkan 3 sifat benda cair!
4. Sebutkan sifat-sifat benda padat!
1. Sebutkan 5 contoh benda padat yang kamu ketahui!
2. Sebutkan 3 sifat benda gas!
3. Sebutkan 3 sifat benda cair!
4. Sebutkan sifat-sifat benda padat!
Kunci jawaban
1. Kursi, meja, tembok, buku, peggaris
2. Menempati ruang, mempunyai masa, mempunyai tekanan
3. Mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah
4. Ada yang halus, kasar, keras, lembek
1. Kursi, meja, tembok, buku, peggaris
2. Menempati ruang, mempunyai masa, mempunyai tekanan
3. Mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah
4. Ada yang halus, kasar, keras, lembek
Format Penilaian Hasil
Setiap soal
benar mendapatkan skor 25, skor tertinggi 100.
Lembar pengamatan
Format penilaian proses
Format penilaian proses
No
|
Nama
|
Aspek yang
dinilai
|
||
keaktifan
|
Ketepatan
peta konsep
|
Kerapihan
peta konsep
|
||
Deskriptor penilaian
1. Keaktifan siswa
• Skor 3 : jika siswa sering menjawab saat guru dan siswa melakukan tanya jawab
• Skor 2 : jika siswa kadang-kadang menjawab
• Skor 1 : jika siswa jarang menjawab
2. Ketepatan/kesesuaian peta konsep dengan materi yang diajarkan
• Skor 3 : jika siswa menggambarkan isi peta konsep sesuai dengan materi yang di ajarkan dan lengkap
• Skor 2 : jika siswa menggambarkan isi peta konsep sesuai dengan materi yang diajarkan tetpi kurang lengkap
• Skor 1: jika siswa menggambarkan isi peta konsep kurang sesuai dengan materi
3. Kerapihan peta konsep
• Skor 3: jika siswa menggambar peta konsep dengan rapih dan terbaca
• Skor 2 : jika siswa menggambar peta konsep dengan rapih namun tidak terbaca
• Skor 1 : jika siswa menggambar peta konsep tidak rapih dan tidak terbaca
Komentar
Posting Komentar