Pembelajaran Terpadu Model nested



BENDA DAN SIFATNYA

Pembelajaran Terpadu
MODEL NESTED

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah
Pembelajaran IPA di SD








Anisa Agustina (1003669)

Kelas 2.A / Semester IV


PROGRAM PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
KAMPUS CIBIRU
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP)
                                 Pembelajaran Terpadu   : Model Nested
Tema                              : Benda Disekitar Kita
                                 Kelas / semester            : III / I
                                 Alokasi Waktu              : 1 x 35 menit


I.                        Diagram Pembelajaran Terpadu Model Nested

Keterangan:
1.        Tema                           : Benda di Sekitar kita
2.        Organization skill       : membuat peta konsep tentang benda dan sifat-sifatnya
3.        Social skill                  : mendengarkan, menyimak.
4.        Thinking skill              : mengklisifikasikan, membandingkan, menyimpulkan.

II.                        Standar Kompetensi
3. Memahami sifat-sifat benda dan kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari

III.                        Kompetensi Dasar
3.1 Mengindentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas.


IV.                        Indikator
·      Mengidentifikasi sifat benda padat, cair, dan gas.
·      Mengklasifikasikan benda-benda yang telah dikenalnya sebagai benda padat, cair, dan gas
·       Membandingkan sifat benda padat, cair, dan gas.

V.                        Tujuan Pembelajaran
·           Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan sifat benda padat
·           Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan sifat benda cair
·           Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan sifat benda gas
·           Melalui pengamatan, siswa dapat mengklasifikasikan benda yang telah dikenalnya sebagai benda padat, cair, dan gas.

VI.                        Materi Ajar
Benda dan Sifatnya
1. Benda padat
2. Benda cair
3. Benda gas

VII.                   Metode, Pendekatan, Model Pembelajaran
a.    Metode                     : Demonstrasi, tanya jawab, penugasan, ceramah.
b.    Pendekatan               : Tematik
c.    Model pembelajaran : Nested

VIII.                   Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan awal ( +15menit)
1.        Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
2.        Guru mengecek kehadiran siswa dan mengkondisikan siswa
3.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4.        Guru mengadakan apersepsi dengan menyanyikan lagu ‘’balonku”

Kegiatan inti ( +45menit)
1.        Guru memperlihatkan sebuah gambar “anak yang sedang berada di dapur”, salah satu siswa menceritakan isi gambar dan siswa lain menyimaknya (sosial skill = mendengarkan, menyimak)
2.        Guru dan siswa mengadakan tanya jawab mengenai isi gambar
3.        Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
4.        Guru membagikan LKS dan media berupa benda padat dan cair
5.        Siswa bersama kelompoknya mengklasifikasikan benda yang ada kedalam kelompok benda padat dan benda cair (thinking skill : mengklaifikadikan)
6.        Siswa bersama kelompoknya melakukan percobaan memasukan alat tulis secara bergantian (pensil, buku, penggaris) ke dalam gelas, piring, dan toples. Kemudian mengamati apa yang terjadi.
7.        Siswa melakukan percobaan memasukan (air,minyak) kedalam toples, gelas, dan piring secara bergantian, kemudian mengamati apa yang terjadi.
8.         Siswa menjawab pertanyaan dalam LKS mengenai sifat penggaris yang tidak berubah bentuk saat dimasukan kedalam gelas, sementara air berubah bentuk saat dimasukan kedalam gelas (thinking skill : membandingkan)
9.        Siswa menjawab soal dalam LKS yang berkenaan dengan sifat benda gas
10.    Siswa mempresentasikan tentang sifat benda berdasarkan percobaan tadi (thinking Skill: menyimpulkan)
11.    Guru memberikan tugas untuk membuat “Peta konsep benda dan sifatnya” (organization skill: membuat peta konsep)
12.     Salah seorang siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan peta konsepnya, siswa lain menyimak dan menanggapi (social skill: menyimak)
13.    Guru memberikan penguatan kepada siswa yang berani ke depan
Kegiatan akhir ( +10menit)
1.        Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan kegiatan pembelajaran
2.        Guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3.        Guru memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah
4.        Guru menutup pembelajaran

IX.              Sumber dan Media
Sumber:
-       KTSP 2006 mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas 3 SD
-        Sularmi, 2008. Sains Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departeman Pendidikan Nasional.

Media   :  
-       Benda padat (penggaris, buku, pensil)
-       Benda cair (air, minyak)
-        Piring
-        Gelas
-        Toples
-       Gambar

X.                        Evaluasi
Prosedur
         : tes proses dan tes akhir
Jenis tes
          : tes proses dan hasil
Bentuk tes
      : Essay
Alat tes
           : Butir-butir soal

Butir-butir Soal
Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1. Sebutkan 5 contoh benda padat yang kamu ketahui
!
2. Sebutkan 3 sifat benda gas
!
3. Sebutkan 3 sifat benda cair
!
4. Sebutkan sifat-sifat benda padat
!




Kunci jawaban
1. Kursi, meja, tembok, buku, peggaris
2. Menempati ruang, mempunyai masa, mempunyai tekanan
3. Mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah
4. Ada yang halus, kasar, keras, lembek

Format Penilaian Hasil
Setiap soal benar mendapatkan skor 25, skor tertinggi 100.

Lembar pengamatan
Format penilaian proses
No
Nama
Aspek yang dinilai
keaktifan
Ketepatan peta konsep
Kerapihan peta konsep


























Deskriptor penilaian
1. Keaktifan siswa
• Skor 3 : jika siswa sering menjawab saat guru dan siswa melakukan tanya jawab
• Skor 2 : jika siswa kadang-kadang menjawab
• Skor 1 : jika siswa jarang menjawab
2. Ketepatan/kesesuaian peta konsep dengan materi yang diajarkan
• Skor 3 : jika siswa menggambarkan isi peta konsep sesuai dengan materi yang di ajarkan dan lengkap
• Skor 2 : jika siswa menggambarkan isi peta konsep sesuai dengan materi yang diajarkan tetpi kurang lengkap
• Skor 1: jika siswa menggambarkan isi peta konsep kurang sesuai dengan materi
3. Kerapihan peta konsep
• Skor 3: jika siswa menggambar peta konsep dengan rapih dan terbaca
• Skor 2 : jika siswa menggambar peta konsep dengan rapih namun tidak terbaca
• Skor 1 : jika siswa menggambar peta konsep tidak rapih dan tidak terbaca

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Inquiry IPS

Hymne SMAN 11 Bandung