Sekilas tentang KKN

KKN adalah  salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari tridharma perguruan tinggi.
Sejalan dengan dinamika yang terjadi, baik pada tingkat masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat maupun dunia global, maka dewasa ini program KKN UPI diarahkan menjadi KKN tematik berbasis pendidikan sebagai wahana pengabdian kepada masyarakat. Program pengabdian kepada masyarakat dipandang oleh UPI sebagai program yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa, dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip: (1) kompetensi akademik, (2) kewirausahaan, dan (3) profesional, sehingga dapat menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, relevan, dan sinergis dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat. KKN tematik adalah program KKN dengan fokus yang spesifik dengan ciri: (1) relevan dengan program pembangunan daerah atau pemerintah pusat, (2) relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan (3) relevan dengan visi, misi, renstra, kepakaran, dan IPTEKS yang dimiliki UPI. Program KKN tematik berbasis pendidikan ini didasarkan kepada prinsip-prinsip pendidikan, yaitu ing ngarso sung tulodo,ing madya mangun karso, dan tut wuri handayani.

 Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan program kurikuler wajib bagi seluruh mahasiswa UPI (S1). Program KKN ini termuat dalam kurikulum program S1 termasuk kelompok mata kuliah umum (MKU) dengan bobot 2 SKS.

Kebetulan saya mengontrak mata kuliah KKN pada semester 6, biasanya di UPI memberi  pilihan tempat untuk itu mahasiswa mendaftar dan memilih langsung tempat yang telah disediakan namun mahasiswa perlu memperhatikan kouta . Kebetulan saya adalah Mahasiswa UPI Kampus Cibiru, sehingga tempat dan kelompok telah ditentukan oleh lembaga.
KKN UPI Cibiru Terbagi ke dalam dua kecamatan yakni kecamatan Arjasari dan Kecamatan Cimaung yang berada di Kabupaten Bandung. Kecamatan Arjasari terbagi kedalam 11 desa dan 11 kelompok sementara Kecamatan Cimaung dibagi kedalam 10 kelompok karena memiliki 10 desa.

Kebetulan saya ditepatkan di Desa Lebak Wangi Kecamatan Arjasari. Desa saya letaknya cukup strategis dan tidak terlalu jauh dari pusat keramaian terdekat yakni banjaran. Tapi posko kami lumayana jauh ke jalan raya sehingga harus menaiki  tanjakan dan tak ada kendaraan. Angkutan dijalan utama pun cukup jarang sehingga kami harus menunggu lama untuk mendapatkan kendaraan.
Oya, KKN kami bertema Paud, sehingga saasaran utama kami adalah untuk memajukan Paud-paud yang belum berkembang padahal sudah memiliki potensial.

saat pelepasan KKN di gimnasium UPI


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Inquiry IPS

Hymne SMAN 11 Bandung

Pembelajaran Terpadu Model nested