Pentingkah Bahasa Inggris Diajarkan Sejak Dini?

Mungkin ada dua jawaban atas pertanyaan di atas, bisa penting atau tidak penting. Ya, itu semua tergantung pandangan dan pengetahuan dari masing-masing orang tua anak.
Kalau boleh berpendapat, menurut saya bahasa Inggris itu sangat penting di era globalisasi yang serba digital ini. Dunia semakin modern dan persaingan semakin ketat, maka setiap orang tidak hanya memerlukan suatu pendidikan yang tinggi. Namun juga dituntut untuk memiliki keterampilan khusus salah satunya adalah keterampilan berbahasa Inggris. Alasan bahasa Inggris begitu penting adalah
bahasa Inggris sudah tersebar dan dipergunakan hampir seperempat penduduk dunia dan terus berkembangkan menjadi satu setengah trilyun pada awal tahun 2000.
Kalau boleh saya mengulang kembali waktu saya ingin kembali ke masa SD atau SMP, karena saya ingin lebih serius dalam mempelajari bahasa Inggris. Sangat saya sadari kemampuan saya tidak terlalu bagus, namun saya mencoba untuk menjadi lebih baik.
Kelak jika saya mempunyai anak, saya akan memberikan motivasi bagi anak saya untuk belajar bahasa Inggris tanpa mengesampingkan bahasa Indonesia dan bahasa Sunda sebagai bahasa daerah saya. Mempelajari bahasa Inggris bukan berarti tidak cinta Indonesia.
Pembelajaran bahasa Inggris sebenarnya adalah pembelajaran yang menarik bagi anak, jika dikemas secara tepat dan menarik. Pembelajaran yang sederhana dan bermakna adalah pembelajaran yang tidak akan membebani anak. Pembelajaran yang lebih menitik beratkan pada speaking dan writing seharusnya sudah mulai ditinggalkan. Pembelajaran bahasa adalah pembelajaran utuh yang tidak bisa mengabaikan ataupun memisahkan empat keterampilan bahasa. Keterampilan bahasa sebaiknya diajarkan secara berkesinambungan dimulai dari listening, speaking,  reading kemudian writing....
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat pembelajaran menarik. Jika guru mengenal dan memahami karakteristik anak, maka guru akan dengan mudah menerapkan pendekatan, model dan strategi yang jitu dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Kenapa harus sejak dini? karena anak berada dalam masa emas dan lebih cepat menyerap informasi baru ketimbang orang dewasa. Anak lebih mudah belajar daripada orang dewasa. Anak adalah peniru ulung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Inquiry IPS

Hymne SMAN 11 Bandung

Pembelajaran Terpadu Model nested