Pada hari Kamis tanggal 25 Oktober 2012 , kami melakukan
observasi di SD PLUS AL-Ghifari.
Beralamat di Jl. Cisaranten Kulon No. 140 Bandung. Yayasan Al-Ghifari
terdiri dari beberapa tingkat satuan pendidikan dimulai TK, SD, SMP, SMA,
hingga tingkat Universitas. SD plus AL-ghifari
merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah inklusi di kota Bandung. SD
Al-ghifari berdiri pada tahun 1997 dibawah
naungan yayasan Al-Ghifari.Proses pembelajaran di SD Plus Al-Ghifari tidak hanya berorientasi
pada mencerdaskan siswa dengan berbagai ilmu pengetahuan umum saja, namun juga
menerapkan pembelajaran yang membentuk karakter siswa yang seimbang antara ilmu
dan akhlak. . SD Plus Al-Ghifari ini mengusung dua metode pendidikan yaitu
pembelajaran yang di lakukan secara klasikal dan individual. Proses
pembelajaran di berikan dalam bentuk tertulis, hapalan, dan praktek yang di
bantu alat peraga, serta proses pendidikan itu di lakukan dalam suasana
menyenangkan .Bangunan
SD Plus Al-Ghifari terdiri dari 4 lantai, memiliki 24 kelas. Memiliki Perpustakaan,
Laboratorium komputer, laboratorium ipa, ruang kesenian, ruang Bimbingan
Konseling, Ruang Klinik. Guru-guru di SD al-ghifari hampir semuanya adalah
lulusan program studi pendidikan, namun sd ini tidak memiliki guru lulusan
pendidikan luar biasa .
SD AL-Ghifari mulai menyelenggarakan Sekolah
Inklusi pada tahun 1998 walaupun pada saat itu pemerintah belum
mensosialisasikan pendidikan inklusi di sekolah-sekolah namun sd al-ghifari
sudah menyelenggarakan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus yaitu dengan
menerima dua orang anak autis. hingga
saat ini SD plus AL-Ghifari masih menyelenggarakan
pendidikan Inklusi namun menggunakan sistem kuota yang m,embatasi jumlah siswa
ABK sesuai dengan jumlah kelas yang tersedia, sebelumnya sd alghifari tidak
membatasi akan jumlah anak berkebutuhan khusus untuk menjadi siswa di sekolah
tersebut. Setiap
kelas terdiri dari 28-30 siswa, dan diantara siswa-siswi tersebut terdapat satu
orang ABK dengan karakteristik kebutuhan yang berdeda baik anak tunagrahita,
autis, ADHD, ADD, tunarungu wicara.
Fasilitas
yang dimiliki oleh sd alghifari untuk menunjang proses balajar anak
berkebutuhan khusus diantaranya papan keseimbangan, filates untuk membantu
melenturkan tubuh, dan meronce untuk membantu anak down syndrom. Akan tetapi
setiap dua minggu sekali anak ABK diajak pergi keluar untuk dapat bersosialisasi
dan mengenal lingkungannya seperti hiking, pergi ke supermarket, naik
transformasi umum dll. Dari kegiatan-kegiatan ini anak belajar bersosialisasi,
mandiri, mengenal mata uang, dan bisa hidup bemasyarakat.Kami melakukan observasi di kelas 3 B,
kelas ini terdiri dari 30 siswa satu diantranya adalah anak ABK dengan hambatan
sulit berbicara. Anak ini Bernama Vali dan berjenis kelamin laki-laki. Pada
saat pembelajaran Vali dudu di bangku depan berdekatan dengan meja Guru. Di a
duduk berdua dengan teman sekelasnya. Pada saat Pembelajaran dia termasuk anak yang cukup antusias mengikuti
pelajaran dan mempunyai motivasi yang tinggi di bandingkan teman-teman lainnya.
Pada saat kita melakukan observasi kelas
tersebut sedang melaksanakan ulangan harian . Teknis ulangannya adalah, vali mengerjakan
soal lebih dahulu daripada teman-temnnya. Dengan soal yang sama tapi bentuk
soal yang berbeda. Untuk anak-anak yang biasa soal berbentuk isian, tetapi
untuk vali soal yang diberikan adalah dengan bentuk pilihan ganda. Saat ulangan
berlangsung, vali tampak tenang mengisi soal, dan setelah selesai kami diberi
kesempatan untuk melihat hasil ulangan vali. Dari hasil yang kami amati ,
jawaban vali banyak yang benar.saat pembelajaran guru menggunakan 2 rpp, 1
untuk anak Abk dan 1 lagi untuk anak-anak lainnya. Setelah selesai melakukan ulangan harian anak-anak
mengikuti pelajaran olahraga. Kebetulan pada saat kegiatan olahraga tidak ada
guru yang mendampingi dikarenakan guru yang bersangkutan sedang mendampingi
siswa-siswa yang sedang outing. Sebagian besar siswa laki-laki melakukan
olahraga sepak bola dan siswa perempuan melakukan olahraga badminton. Tetapi
yang kami amati Vali hanya duduk di samping lapangan dan tidak bergabung dengan
yang lainnya.
|
anak-anak di kelas |
|
saya dan anak-anak kelas 3b |
|
arum vali saya arip |
|
arip saya |
B
|
saya | | |
|
saya |
Komentar
Posting Komentar