RPP Inquiry IPS
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Pokok
Bahasan : Gejala Alam di
Indonesia dan Negara Tenggara
Kelas/Semester : VI/II
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI
2.
Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
B.
KOMPETENSI DASAR
2.1
Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara
tetangga
C.
INDIKATOR
1. Membandingkan gejala alam yang
terjadi di Indonesia dengan negara-negara tetangga.
2. Mengidenti fikasi akibat terjadinya
bencana alam
3. Mengidentifikasi
proses terjadinya peristiwa bencana alam di Indonesia dan sebab terjadinya
bencana alam tersebut
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan
pengaruh keadaan alam terhadap gejala alam yang timbul di suatu tempat
2. Mendeskripsikan
gejala alam yang ada di Indonesia dan negara tetangga.
3. Menjelaskan penyebab bencana alam.
E.
MATERI
AJAR
Gejala
alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
F.
METODE, PENDEKATAN, SUMBER PEMBELAJARAN,
dan MEDIA PEMBELAJARAN
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi,
Penugasan.
Pendekatan : inkuiri
Sumber :
1. KTSP 2006 mata pelajaran ips kelas
VI SD
Media :
Gambar Peristiwa Alam
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
awal
1. Guru
mengkondisikan kelas
2. Guru
mengecek kehadiran siswa
3. Guru menginformasikan kepada siswa tentang
tujuan pembelajaran.
4. Guru
mengadakan apersepsi : Sebutkan gejala alam yang sering terjadi di Indonesia!
Kegiatan Inti
1. Guru
membagi siswa menjadi 7 kelompok
2. Setiap
kelompok diberi gambar dan artikel tentang bencana-bencana alam di Indonesia
dan Negara tetangga.
3. Setiap
kelompok diberi LKS
4. Setiap
kelompok mendapatkan lembar
kerja yang berbeda.
a) Kelompok 1 : Gunung meletus
b) Kelompok 2 : Gempa bumi
c) Kelompok 3 : Tsunami
d) Kelompok 4 : Banjir
e) Kelompok 5 : Tanah longsor
f) Kelompok 6 : Angin puting beliung
g) Kelompok 7 : Kebakaran hutan
5. Siswa
mengamati gambar peristiwa alam yang dibagikan oleh guru.
6. Siwa
membaca dan mengidentifikasi bacaan dalam artikel.
7. Siswa
mengerjakan LKS secara berkelompok
8. Guru
berkeliling ke setiap kelompok untuk mengawasi jalannya diskusi
9. Guru
meminta perwakilan beberapa kelompok diminta maju untuk mempresentasikan
hasil
diskusi.
10. Siswa
yang lain menanggapi
11. Guru
memberikan penjelasan tambahan, memberikan penguatan atau koreksi terhadap
jawaban
siswa
12. Siswa
mengerjakan soal latihan yang di berikan oleh guru
Kegiatan
Akhir
1. Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan kegiatan pembelajaran
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan
rumah
4. Guru
menutup pembelajaran
I.
PENILAIAN
1.Teknik
Penilaian :
·
Tes
Bentuk Tes : Tertulis
Jenis Tes : Uraian
·
Non Tes
Poses dalam pembelajaran
2.
Instrumen Penilaian :
proses
No.
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Ket
|
||||||||
Keantusiasan
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
Petunjuk:memberikan tanda ceklis ( V) pada kolom yang
sesuai
Nilai
1 : Kurang
2
: Cukup
3
: Baik
Keterangan :
Jumlah nilai ketiga aspek 9
: Baik sekali ( A )
7 – 8 :
Baik (
B )
5 – 6 :
Cukup ( C )
< 5 :
Kurang ( K )
SOAL
:
1) Sebutkan 2 contoh tindakan manusia yang bisa
memengaruhi terjadinya
peristiwa
alam?
(skor 25)
2) Apa yang kamu ketahui tentang tsunami? (skor 25)
3) faktor apakah yang menyebabkan banjir ? (skor 25)
4)
Sebutkan gunung api di Indonesia yang masih aktif! (skor 25)
KUNCI JAWABAN
1)
Buang sampah
sembarangan,Menebang pohon secara illegal, dll
2)
Tsunami adalah
gelombang laut yang disebabkan oleh gempabumi , tanah longsor atau letusan
gunung berapi yang terjadi di laut. Gelombang tsunami bergerak dengan kecepatan
ratusan kilometer per jam di lautan dalam dan dapat melanda daratan
3)
1. Banjir
karena sungainya meluap
2.Banjir
akibat pasang surut air laut
3.Banjir
local karena di saerah terdebut tanahnya
padat sehingga tidak ada daerah respan
4)
Gunung Galunggung, Gunung Merapi, Gunung Bromo, Gunung Kelud, dll
LEMBAR
KERJA SISWA 1
Kelompok : …………………….
Nama Anggota :
1.
…………………….
2.
…………………….
3.
…………………….
4.
…………………….
Tulislah sebab dan
akibat bencana alam “Banjir ”!
No
|
Sebab
|
Akibat
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Diajukan
untuk melengkapi salah satu tugas Pendidikan IPS di Sekolah Dasar
Oleh:
Anisa Agustina (1003669)
2A semester IV
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
KAMPUS CIBIRU
2012
Komentar
Posting Komentar