Saya dan Pantai

Kenapa harus Pantai ?
Karena saya menemukan banyak sekali foto diri saya yang berlatarkan pantai. Sejak saya belum genap setahun orang tua saya sudah mencoba mengakrabkan diri saya dengan pantai.....
Apakah saya adalah Anak Pantai ?
Bukan, saya tidak tinggal dan dibesarkan didaerah pantai. Saya dibesarkan di daerah Ciparay,sebuah nama Kecamatan di Kabupaten Bandung. Terdengar asing bukan ? maklumlah saya tinggal di Bandung Coret. Hahahahaha...
Tapi kenapa saya punya banyak potret diri saya yang sedang berada dipantai ??
Jawabannya adalah karena nenek saya dari mama tinggal di Parigi, sebuah kecamatan di Ciamis yang letaknya dekat Pangandaran. Bukan hanya itu, Kakak dan Adik mama saya  semuanya ada disana, dari 7 bersaudara hanya mama sendiri yang tinggal di Bandung.Itu semua  mengotomatiskan saya untuk pergi kesana setiap liburan semester, bahkan dulu itu saya pernah mengalami liburan caturwulan sebelum akhirnya diganti oleh semester...
Kebayang berapa kali saya kesana dalam setahun ? ya paling tidak 2 atau 3 kali dalam setahun.


Apa akibatnya ?? Akibatnya adalah saya akan menjadi anak pantai musiman. Setidaknya saya hafal betul daerah disana. Saya sudah sangat sering ke Pantai-Pantai sekitar Pangandaran.Dari mulai Pangandarannya, Batu Hiu, Batu Karas, Karang Tirta, dan Bojong Salawe.Bukan hanya pantai, saya sudah sangat akrab dengan tempat wisata disana.

Bojong Salawe merupakan Pantai terdekat dari rumah nenek saya, hanya berjarak sekitar 2KM .Saya sering berjalan kaki kesana, bahkan saatsaya kecil pantai itulah yang menjadi tempat langganan saya,adik saya dan sepupu-sepupu saya untuk berenang dan bermain pasir. Saya ingat betul saat ayah saya masih ada, beliaulah yang paling sering menemani saya untuk pergi ke pantai..... beliau dengan senang mengawasi anak-anak kecil bermain, memperkenalkan Dimas adik bungsu saya dengan pantai....
Kalau bukan ayah saya yang menemani, paman saya lah yang menemani.
Itu terjadi mungkin sekitar beberapa tahun silam, sebelum Pantai Bojong Salawe Abrasi dan sebelum ayah saya meninggal....
Setelah Bojong Salawe Abrasi, kami tak pernah datang ke sana untuk berenang lagi.Ayah mengajak kami berenang ke Pantai Batu Karas....


Pantai adalah tempat termanis yang pernah kudatangi, manis oleh kenanganku akan ayahku yang telah tiada....
Disetiap Jalan yang saya lalui saat menuju pantai, saya melihat icha kecil tertawa karena kebahagiannya saat itu.Icha kecil adalah anak yang senang berenang,bermain air, dan selalu marah bila keinginannya untuk pergi ke pantai di halangi oleh mamanya.....Mama terlalu takut dengan Icha kecil yang lincah dan sulit diatur....Mama takut kulit icha menjadi hitam seperti anak laki-laki.

Dan disanalah tempat ayah saya menghembuskan nafas terakhrirnya, di sebuah gor badminton yang sering saya datangi ketika saya kecil....
Sebelum meninggal, sore harinya ayah saya bermain bola di pantai Batu Karas dengan paman saya dan anaknya Paulo....


Saat berkunjung kesana, saya selalu menyempatkan diri pergi ke pantai. Saya pergi menggunakan motor dengan Iska sepupu saya. Biasanya kami pergi berdua.
Sekarang saya sudah tidak bisa lagi pergi ke pantai bersama kedua adik saya Dito dan Dimas, karena jadwal kami untuk pergi kesana biasanya berbeda.....
Kedua adik saya pergi bersama mama, dan saya tetap berada di Bandung menjaga rumah sekaligus menemani uyut saya. Ketika mereka pulang , barulah saya pergi kesana sendiri. Sendiri ? iya saya pergi sendiri, saya sudah besar sudah 20 tahun....

Pantai adalah sebuah buku tersendiri dalam hidupku, didalamnya berisikan sejuta kenangan masa kecil, kenangan masa remaja , kenangan bersama keluarga.....
Manis dan Pahit kehidupan....
Setiap titik disana punya arti sendiri buatku....
Semua jalan yang kulalui punya cerita yang berbeda, mungkin pantainya telah banyak berubah....
Tapi kenangannya tak akan pernah berubah, masih tetap disana ditempat yang sama.....
Ditempat yang pernah ku jejaki.....


ayah, mama dan icha kecil



ayah dan icha kecil

Sebenernya masih banyak foto-foto saya di pantai saat saya kecil, tapi saya malas untuk men-scan ....lain kali akan saya scan.....


dan dibawah ini adalah foto-foto saya di Pantai, ini semua merupakan foto campuran dari yang dulu sampai yang sekarang jadi ada beberapa foto dulu saat saya masih sma . Tidak semuanya saya masukan, karena terlalu banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak !!!!


di Bojong Salawe 2010



saya di Bojong Salawe 2011



Batu Hiu 2010




di Batu Hiu 2011


Pasir Putih Pangandaran

Pasir Putih Pangandaran

Cagar ALam Pangandaran

Saya, Iska dan Dodi di Batu karas tahun 2010



di Pantai Batu Karas 2011
Pantai Batu Karas

Komentar

  1. woohooo ica lebih gendut waktu bayi deh hahhahaa


    mari kita bikin pantai di ciparay

    BalasHapus

  2. iya waktu kecil aku gendut dan unyu,
    sayangnya memudar seiring bertambahnya usia
    hayuu ah ton :) pantai didepan rumah tonny ...

    BalasHapus
  3. kita gali dulu lapang baruzati kali aja keluar air laut hahhaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Inquiry IPS

Hymne SMAN 11 Bandung

Always aka Only You