PGSD

PGSD ? Apakah terasa aneh
PGSD adalah singkatan dari  Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Dan itu adalah Program studi yang saya tempuh saat ini di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru. Orang-orang mungkin tidak asing dengan UPI, tapi lain halanya jika yang saya sebut adalah UPI kampus Cibiru. Mungkin banyak orang yang kan bertanya "emang ada UPI di cibiru ?" , atau "UPI kok di Cibiru" .
Agak terasa ganjal memang saat teman, saudara, dan tetangga bertanya dimana kuliah ? dan saya akan otomatis menjawab di UPI Cibiru.
Kampus utama UPI terletak di Jalan Dr. Setiabudi 229 , atau biasa di sebut dengan UPI Bumi Siliwangi.Untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, UPI telah mendirikan beberapa kampus daerah yang terletak di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang. Ceritanya sih program multi kampus... nah Di UPI kampus Daerah Cibiru  dibuka dua Prodi yakni S1 PGSD dan S1 PGPAUD.Bangunan UPI Kampus Daerah Cibiru adalah bekas Bangunan SPG 1 Bandung. Kedudukan UPI Cibiru adalah setara dengan fakultas yang ada di UPI pusat sedangkan fakultas di kepalai oleh Dekan, kampus daerah dikepaia oleh Direktur yang jabatannya setara dengan Dekan. Hanya saja untuk kampus daerah memiliki otonom sendiri sehingga dikepali oleh direktur.

Saat Ujian Mandiri UPI kebetulan saya memilih jurusan PGSD di Kampus Cibiru. Sebenarnya saya tadinya tidak ingin menjadi guru Sekolah Dasar. Bukan tidak ingin menjdi guru hanya saja yang saya inginkan adalah menjadi guru Biologi. Tapi mungkin jalannya seperti ini, Allah menuntun saya untuk menjadi guru SD maka saya harus menjalaninya. Memang agak berat awalnya. Kadang saya banyak mendapatkan cibiran dan dipandang sebelah mata karena saya kelak akan menjadi guru SD, tapi saya yakin menjadi guru SD bukanlah hal yang buruk.

Menjadi seorang Guru tidaklah mudah, apalagi untuk menjadi Guru SD. Guru SD adalah guru borongan, setidaknya wawasan guru haruslah luas, mampu menjelaskan, komunikatif dalam berbicara, dan menjadi panutan atau teladan bagi murid-muridnya Seorang guru diibaratkan sebagai Seniman yang harus mampu mengajar sekaligus mendidik anak.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Inquiry IPS

Hymne SMAN 11 Bandung

Always aka Only You