Tuntas 2012

Menjadi bagian dari panitia pesantren kilat adalah bukan hal yang asing buat saya, 3 tahun belakang saya rutin menjadi panitia acara tersebut. Meskipun bukan menjadi orang yang terlalu penting tapi ini adalah pengalaman yang berharga . Panitia rata-rata adalah anggota karang taruna di paledang,  yang menjadi pantia berumur kira-kira 17-25 tahun. jumlah panitia kurang lebih 35 orang. Pada bulan ramadan taun ini kegiatan pesantren kilat kembali diadakan,pelaksanaannya adalah tanggal 13-15 agustus 2012 di MDA Al-khoirot di dekat rumah. Pesertan yang mengikuti kegiatan ini sekitar 120 orang sebagian besar adalah anak-anak dari kelas 3 SD sampai anak kelas 3 SMP.

Acara kali ini bertemakan TUNTAS yang merupakan kepanjangan dari Tuntunan Anak Shaleh ramadhan...
Banyak kegiatan positif yang bisa diambil dari kegitan ini, baik untuk panitia maupun untuk peserta.
Disini anak-anak belajar sholat dhuha, doa-doa,tarikh islam, fiqih, menyanyi, publik speking...Mereka akan belajar secara kelompok dan mengenal teman-teman baru sera satu orang mentor yang akan membimbing mereka. Di hari terakhir akan ada evaluasi dalam bentuk mencari jejak...
Permainan nya dilakukan di luar ,di daerah sekitar mesjid. dalam permainan ini anak harus mampu menemukan pos. Di pos akan ada sebuah amplop yang berisikan soal  tentang apa saja yang mereka pelajari di kegiatan tuntas dan mereka harus mengisinya. Didalamnya juga ada petunjuk ataupun peta yang akan menuntun mereka menuju post selanjutnya. Pemenang permainan ini diumumkan di hari ke 4 karena pada  pada hari ke 4 anak beserta panitia  menginap,  berbuka bersama, mengaji bersama dan sholat tarawih bersama. Esoknya kami sahur bersama dan  tadarus quran. Usai tadarus quran kami panitia mengummkan peserta terbaik, kelompok terbaik, kelompok dengan yel terbaik, kelompok pemenang mencari jejak dan lain-lain.

Di acara ini saya mendapat banyak pelajaran, baik yg menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan... Tapi dibalik semua itu banyak hikmah yang bisa saya ambil ....
Alhamduliah ini memperkaya pengalaman saya di bidang organisasi maupun pendidikan, karena saya akan menjadi seorang guru kelak... maka dunia anak seharusnya sudah menjadi dunia yang tak asing lagi untuk saya ...
Sampai saat ini saya masih belajar bagaimana cara interaksi dengan  anak dengan baik bermakna tapi tetap menyenangkan.
Semoga tahun depan diadakan lagi, dan saya di ajak lagi.....

Saat acara  pembukaan




ini adalah susana ketika saya mengajar di depan masjid


 ini ketika anak menceritakan pengalamannya saat sanlat


saya ketika memimpin ice breaking di kelas


 ketua Pelaksan Irfan Naufal


anak-anak saat membuat hasta karya dari barang bekas




dimas dan ketiga temannya yang menjadi peserta terbaik


kelompok yang mendapatkan penghargaan



teh gina, ida, icha
 

fuji, dea, puspa, tika
asri, sifa, siti, saya



saya di sela-sela aktivitas ... hehehe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Inquiry IPS

Hymne SMAN 11 Bandung

Always aka Only You