RPP Inquiry IPS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Pokok Bahasan           : Gejala Alam di Indonesia dan Negara Tenggara
Kelas/Semester            : VI/II
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya

B.     KOMPETENSI  DASAR

2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga

C.    INDIKATOR
1.      Membandingkan gejala alam yang terjadi di Indonesia dengan negara-negara tetangga.
2.      Mengidenti fikasi akibat terjadinya bencana alam
3.      Mengidentifikasi proses terjadinya peristiwa bencana alam di Indonesia dan sebab terjadinya bencana alam tersebut

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.      Menjelaskan pengaruh keadaan alam terhadap gejala alam yang timbul di suatu tempat
2.      Mendeskripsikan gejala alam yang ada di Indonesia dan negara tetangga.
3.      Menjelaskan  penyebab bencana alam.




E.     MATERI AJAR
Gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga



F.     METODE, PENDEKATAN, SUMBER PEMBELAJARAN, dan MEDIA PEMBELAJARAN
Metode                  : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan.
Pendekatan           : inkuiri
Sumber                  : 1. KTSP 2006 mata pelajaran ips kelas VI SD
Media                    : Gambar Peristiwa Alam

        

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan awal
1.      Guru mengkondisikan kelas
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.       Guru menginformasikan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran.
4.      Guru mengadakan apersepsi : Sebutkan gejala alam yang sering terjadi di Indonesia!
Kegiatan Inti
1.      Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok
2.      Setiap kelompok diberi gambar dan artikel tentang bencana-bencana alam di Indonesia dan Negara tetangga.
3.      Setiap kelompok diberi LKS
4.      Setiap kelompok mendapatkan lembar kerja yang berbeda.
a)   Kelompok 1 : Gunung meletus
b)   Kelompok 2 : Gempa bumi
c)   Kelompok 3 : Tsunami
d)   Kelompok 4 : Banjir
e)   Kelompok 5 : Tanah longsor
f)   Kelompok 6 : Angin puting beliung
g)   Kelompok 7 : Kebakaran hutan

5.      Siswa mengamati gambar peristiwa alam yang dibagikan oleh guru.
6.      Siwa membaca dan mengidentifikasi bacaan dalam artikel.
7.      Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok
8.      Guru berkeliling ke setiap kelompok untuk mengawasi jalannya diskusi
9.      Guru meminta perwakilan beberapa kelompok diminta maju untuk mempresentasikan
hasil diskusi.
10.  Siswa yang lain menanggapi
11.  Guru memberikan penjelasan tambahan, memberikan penguatan atau koreksi terhadap
jawaban siswa 
12.  Siswa mengerjakan soal latihan yang di berikan oleh guru
Kegiatan Akhir
1.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan kegiatan pembelajaran
2.      Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3.       Memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah
4.      Guru menutup pembelajaran


I. PENILAIAN
1.Teknik Penilaian :
·         Tes
Bentuk Tes : Tertulis
Jenis Tes : Uraian
·         Non Tes
Poses dalam pembelajaran
2. Instrumen Penilaian :
proses
No.
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Ket
Keantusiasan
Keaktifan
Kerjasama
1
2
3
1
2
3
1
2
3




















































Petunjuk:memberikan tanda ceklis ( V) pada kolom yang sesuai
Nilai 1    : Kurang    
2        : Cukup
3        : Baik
        Keterangan :
        Jumlah nilai ketiga aspek            9        : Baik sekali   ( A )
                                                    7 – 8            : Baik             ( B )
                                                    5 – 6            :  Cukup          ( C )
                                                     < 5     :  Kurang         ( K )


SOAL :
1)   Sebutkan 2 contoh tindakan manusia yang bisa memengaruhi terjadinya
peristiwa alam? (skor 25)
2)   Apa yang kamu ketahui tentang tsunami? (skor 25)
3)   faktor apakah yang menyebabkan banjir ? (skor 25)
4)   Sebutkan gunung api di Indonesia yang masih aktif! (skor 25)

KUNCI JAWABAN
1)      Buang sampah sembarangan,Menebang pohon secara illegal, dll
2)      Tsunami adalah gelombang laut yang disebabkan oleh gempabumi , tanah longsor atau letusan gunung berapi yang terjadi di laut. Gelombang tsunami bergerak dengan kecepatan ratusan kilometer per jam di lautan dalam dan dapat melanda daratan
3)      1. Banjir karena sungainya meluap
2.Banjir akibat pasang surut air laut
3.Banjir local  karena di saerah terdebut tanahnya padat sehingga tidak ada daerah respan
4) Gunung Galunggung, Gunung Merapi, Gunung Bromo, Gunung Kelud, dll


















LEMBAR KERJA SISWA 1

                                       Kelompok                 :           …………………….
                                       Nama Anggota          :          
1.      …………………….
2.      …………………….
3.      …………………….
4.      …………………….

Tulislah sebab dan akibat bencana alam “Banjir ”!

No
Sebab
Akibat
1.       


2.       


3.       


4.       


5.       







 







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Diajukan untuk melengkapi salah satu tugas Pendidikan IPS di Sekolah Dasar











Oleh:
Anisa Agustina (1003669)
2A semester IV

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
KAMPUS CIBIRU
2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hymne SMAN 11 Bandung

Pembelajaran Terpadu Model nested