RPP Micro Teaching
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN
: Ilmu Pengetahuan Sosial
KELAS/
SEMESTER
: IV/ II
ALOKASI
WAKTU
: 1 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
2.
Mengenal SDA, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di
lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi.
B.
Kompetensi Dasar
2.3. Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi
dan transportasi serta pengalaman menggunakannya.
C.
Indikator
Menyebutkan jenis-jenis teknologi komunikasi beserta
kelebihan dan kekurangannya
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan pengertian
teknologi komunikasi
2. Siswa dapat menyebutkan 3 jenis
teknologi komunikasi
3. Siswa dapat menyebutkan keuntungan
dan kerugian menonton TV
E.
Materi pembelajaran
Surat itu merupakan bentuk komunikasi tidak langsung kepada
temanmu. Komunikasi adalah penerimaan pesan, baik langsung atautidak langsung.
Komunikasi langsung berupa menanyakan langsung tanpa alat. Contohnya,Rian
bertanya tentang letak rumah sakit. Komunikasi tidak langsung menggunakan alat.Alat
komunikasi mengalami perkembangan. Contohnya Anton menghubungi Ani melaluitelepon.
Alat komunikasi memudahkan manusia dalam berhubungan. Alat komunikasi mempercepat
penyampaian pesan. Alat komunikasi dapat berupa elektronik dan mediacetak.
Teknologi komunikasi dapat mengatasi jarak dan waktu. Jarak yang jauh terasa
dekat.Waktu yang dibutuhkan cepat. Alat komunikasi sekarang ini sangat banyak.
Baik yang tradisional maupun modern. Contohnya, berupa surat, telepon, telegram,
tv, radio, fax.
F.
Strategi Pembelajaran
1.
Metode : Ceramah,
Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan.
2.
Pendekatan : Kontekstual
3.
Model
Pembelajaran : Inkuiri
G.
Sumber Belajar
1.
Buku IPS
Kelas IV Karangan I.S Sadirman
2
H.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Tahapan
|
Kegiatan Guru-Siswa
|
Kegiatan Awal:
|
·
Guru masuk kelas dan
mengucapkan salam
·
Guru menyuruh siswa
untuk berdoa
·
Mengkondisikan
peserta didik untuk siap belajar
Kegiatan Orientasi:
·
Guru memperlihatkan media berupa pesawat telepon, kemudian
melakukan tanya jawab tentang “alat komunikasi”
·
Guru menginformasikan topik dan tujuan pembelajaran :
“Anak-anak, hari ini kita akan belajar mengenai komunikasi. Kita akan mencari
tahu, bagaimanakah perkembangan teknologi komunikasi di sekitar kita sejak dahulu
hingga saat ini.’
· Guru menginformasikan kegiatan
yang akan dilakukan : ‘Anak-anak, nanti kalian akan bekerja secara
berkelompok untuk membahas mengenai teknologi komunikasi di sekitar kita.
Mengapa kita perlu mempelajari tentang teknologi komunikasi?
|
Kegiatan inti:
|
·
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok .
·
Guru melakukan tanya jawab mengenai contoh-contoh
teknologi,
·
Guru menanyakan kepada beberapa siswa
mengenai pengalamannya menggunakan alat komunikasi
·
Guru menanyakan secara lisan kepada
siswa, tentang manfaat komunikasi yang pernah dirasakan oleh siswa.
Perumusan
Masalah:
· Berdasarkan
jawaban-jawaban yang diperoleh dari siswa, guru mengajukan serangkaian
permasalahan berkaitan dengan teknologi komunikasi untuk dianalisis oleh siswa
bersama kelompoknya, yakni :
1. Setiap waktu
kita tidak bisa lepas dari kegiatan berkomunikasi. Mengapa kita memerlukan
teknologi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari?
2. Televisi
merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat dekat dengan kita. Perlukah
kita menonton TV? Mengapa?
Merumuskan Hipotesis:
· Guru membagikan LKS kepada
masing-masing kelompok, Setiap siswa merumuskan hipotesis awal atas
pertanyaan yang diperolehnya dalam LKS, kemudian membahasnya bersama
kelompok.
Pengumpulan Data:
· Setiap siswa mengumpulkan
informasi-informasi yang berkaitan dengan permasalahan yang telah diperoleh,
sesuai dengan panduan yang ada dalam LKS.
· Setiap siswa menyampaikan hasil
temuannya dalam kelompok untuk membahasnya bersama-sama.
.
Pengujian Hipotesis:
·
Setiap
siswa menentukan jawaban yang dianggap paling dapat diterima dari
permasalahan yang sedang dibahas berdasarkan informasi-informasi yang
diperoleh.
·
Setiap
siswa mendiskusikan jawaban yang diperoleh bersama kelompoknya.
Perumusan Kesimpulan:
·
Setiap
siswa membuat kesimpulan atas jawaban-jawaban yang telah diperoleh berkaitan
dengan permasalahan yang sedang dikaji sesuai dengan panduan dalam LKS.
·
Setiap
siswa menyampaikan kesimpulan yang dibuatnya dalam kelompok untuk
didiskusikan.
·
Setiap
kelompok menyampaikan hasil diskusinya kepada kelompok yang lain, dan kelompok
lainnya memberikan tanggapan
|
Konfirmasi
|
· Memfasilitasi siswa menyelesaikan
masalah yang belum terselesaikan.
·
·
|
Kegiatan Akhir:
|
·
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
·
Siswa mengerjakan soal evaluasi
·
Memberikan tindak lanjut
·
Menutup pembelajaran
|
I.
Evaluasi
a. Prosedur tes : tes akhir
b. Jenis tes : uraian
c. Bentuk tes : tertulis
d. Alat tes : soal – soal
Butir-butir soal
1) Apakah yang disebut dengan teknologi
komunikasi?
2) Sebutkan 3 jenis alat komunikasi yang
kalian ketahui !
3) Sebutkan masing-masing 3 keuntungan
dan kerugian yang kamu ketahui karena menonton TV!
Kunci
Jawaban:
1) Teknologi komunikasi adalah segala
sesuatu yang dapat memudahkan manusia dalam kegiatan komunikasi atau saling
bertukar pesan.
2) surat, telepon, fax, televisi,
internet, dan radio.
3) Televisi
a.
Keuntungan:
·
Memperoleh
hiburan
·
Memperoleh
informasi
·
Menambah
wawasan dan pengetahuan
b. Kerugian:
·
Menjadikan
malas belajar
·
Suka
meniru hal-hal buruk dari tayangan TV
·
Menjadikan
lalai
LEMBAR KERJA SISWA
Jawablah
pertanyaan dibawah, diskusikan jawabannya
dengan teman sekelompokmu !
1. Setiap waktu
kita tidak bisa lepas dari kegiatan berkomunikasi. Menurut pendapat kalian mengapa
kita memerlukan teknologi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari ?
Jawaban:
2. Televisi
merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat dekat dengan kita.
a. Menurut kalian perlukah kita
menonton televisi ?
Jawaban :
b. Jika iya, kemukakan alasannya ?
Jawaban :
c. Apakah ada kerugian yang diakibatkan
televisi ?
Jawaban :
d. Jika
iya kemukakan alasannya ?
Jawaban :
Komentar
Posting Komentar