RPP Micro Teaching



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                           : Ilmu Pengetahuan Sosial
KELAS/ SEMESTER                           : IV/ II
ALOKASI WAKTU                             : 1 x 35 menit

A.       Standar Kompetensi
2. Mengenal SDA, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi.
B.        Kompetensi Dasar
2.3. Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya.
C.       Indikator
   Menyebutkan  jenis-jenis teknologi komunikasi beserta kelebihan dan kekurangannya
D.       Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menyebutkan pengertian teknologi komunikasi
2.      Siswa dapat menyebutkan 3 jenis teknologi komunikasi
3.      Siswa dapat menyebutkan keuntungan dan kerugian menonton TV

E.        Materi pembelajaran
Surat itu merupakan bentuk komunikasi tidak langsung kepada temanmu. Komunikasi adalah penerimaan pesan, baik langsung atautidak langsung. Komunikasi langsung berupa menanyakan langsung tanpa alat. Contohnya,Rian bertanya tentang letak rumah sakit. Komunikasi tidak langsung menggunakan alat.Alat komunikasi mengalami perkembangan. Contohnya Anton menghubungi Ani melaluitelepon. Alat komunikasi memudahkan manusia dalam berhubungan. Alat komunikasi mempercepat penyampaian pesan. Alat komunikasi dapat berupa elektronik dan mediacetak. Teknologi komunikasi dapat mengatasi jarak dan waktu. Jarak yang jauh terasa dekat.Waktu yang dibutuhkan cepat. Alat komunikasi sekarang ini sangat banyak. Baik yang tradisional maupun modern. Contohnya, berupa surat, telepon, telegram, tv, radio, fax.

F.        Strategi Pembelajaran
1.         Metode                                   : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan.
2.         Pendekatan                             : Kontekstual
3.         Model Pembelajaran               : Inkuiri

G.       Sumber Belajar
1.                                                                                                                                                                            Buku IPS Kelas IV Karangan I.S Sadirman
2


H.    Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Tahapan
Kegiatan Guru-Siswa
Kegiatan Awal:



·           Guru masuk kelas dan mengucapkan salam
·           Guru menyuruh siswa untuk berdoa
·           Mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar
Kegiatan Orientasi:
·         Guru memperlihatkan media berupa pesawat telepon, kemudian melakukan tanya jawab tentang “alat komunikasi”
·         Guru menginformasikan topik dan tujuan pembelajaran : “Anak-anak, hari ini kita akan belajar mengenai komunikasi. Kita akan mencari tahu, bagaimanakah perkembangan teknologi komunikasi di sekitar kita sejak dahulu hingga saat ini.’
·        Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan : ‘Anak-anak, nanti kalian akan bekerja secara berkelompok untuk membahas mengenai teknologi komunikasi di sekitar kita. Mengapa kita perlu mempelajari tentang teknologi komunikasi?
Kegiatan inti:
 
·         Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok     .
·         Guru melakukan tanya jawab mengenai contoh-contoh teknologi,
·         Guru menanyakan kepada beberapa siswa mengenai pengalamannya menggunakan alat komunikasi
·         Guru menanyakan secara lisan kepada siswa, tentang manfaat komunikasi yang pernah dirasakan oleh siswa.

Perumusan Masalah:
·         Berdasarkan jawaban-jawaban yang diperoleh dari siswa, guru mengajukan serangkaian permasalahan berkaitan dengan teknologi komunikasi untuk dianalisis oleh siswa bersama kelompoknya, yakni :
              1. Setiap waktu kita tidak bisa lepas dari kegiatan berkomunikasi. Mengapa kita memerlukan teknologi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari?
              2. Televisi merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat dekat dengan kita. Perlukah kita menonton TV? Mengapa?
             
                  Merumuskan Hipotesis:
·        Guru membagikan LKS kepada masing-masing kelompok, Setiap siswa merumuskan hipotesis awal atas pertanyaan yang diperolehnya dalam LKS, kemudian membahasnya bersama kelompok.

Pengumpulan Data:
·        Setiap siswa mengumpulkan informasi-informasi yang berkaitan dengan permasalahan yang telah diperoleh, sesuai dengan panduan yang ada dalam LKS.  
·        Setiap siswa menyampaikan hasil temuannya dalam kelompok untuk membahasnya bersama-sama.
.
Pengujian Hipotesis:
·         Setiap siswa menentukan jawaban yang dianggap paling dapat diterima dari permasalahan yang sedang dibahas berdasarkan informasi-informasi yang diperoleh.
·         Setiap siswa mendiskusikan jawaban yang diperoleh bersama kelompoknya.

Perumusan Kesimpulan:
·         Setiap siswa membuat kesimpulan atas jawaban-jawaban yang telah diperoleh berkaitan dengan permasalahan yang sedang dikaji sesuai dengan panduan dalam LKS.
·         Setiap siswa menyampaikan kesimpulan yang dibuatnya dalam kelompok untuk didiskusikan.
·         Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya kepada kelompok yang lain, dan kelompok lainnya memberikan tanggapan
Konfirmasi
·        Memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan.
·        
·   
Kegiatan Akhir:
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·         Siswa mengerjakan soal evaluasi
·         Memberikan tindak lanjut
·         Menutup pembelajaran


I.       Evaluasi 
a.       Prosedur tes          : tes akhir
b.      Jenis tes                 : uraian
c.       Bentuk tes             : tertulis
d.      Alat tes                  : soal – soal

Butir-butir soal
1)      Apakah yang disebut dengan teknologi komunikasi?
2)      Sebutkan 3 jenis alat komunikasi yang kalian ketahui !
3)      Sebutkan masing-masing 3 keuntungan dan kerugian yang kamu ketahui karena menonton TV!


Kunci Jawaban:
1)      Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang dapat memudahkan manusia dalam kegiatan komunikasi atau saling bertukar pesan.
2)      surat, telepon, fax, televisi, internet, dan radio.
3)      Televisi
a.       Keuntungan:
·         Memperoleh hiburan
·         Memperoleh informasi
·         Menambah wawasan dan pengetahuan
b.      Kerugian:
·         Menjadikan malas belajar
·         Suka meniru hal-hal buruk dari tayangan TV
·         Menjadikan lalai
LEMBAR KERJA SISWA


Jawablah pertanyaan dibawah, diskusikan jawabannya  dengan teman sekelompokmu !

1.      Setiap waktu kita tidak bisa lepas dari kegiatan berkomunikasi. Menurut pendapat kalian mengapa kita memerlukan teknologi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari ?
Jawaban:



2.      Televisi merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat dekat dengan kita.
a.       Menurut kalian perlukah kita menonton televisi ?
Jawaban :



b.      Jika iya, kemukakan alasannya ?
Jawaban :



c.       Apakah ada kerugian yang diakibatkan televisi ?
Jawaban :


d.      Jika iya kemukakan alasannya ?
Jawaban :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Inquiry IPS

Hymne SMAN 11 Bandung

Pembelajaran Terpadu Model nested